Pembuatan sirup buah

Peralatan

* Pisau stainless steel
* Ember plastik atau baskom
* Panci stainless steel
* Blender
* Kompor
* Dandang
* Kain saring
* Corong
* Botol steril

Bahan

* Buah yang matang dan sehat
* Gula pasir
* Asam sitrat

Cara pembuatan

Buah yang akan diolah menjadi sirup harus dipilih yang matang optimal dan sehat. Buah yang telah disortir dicuci dengan air bersih. Bila perlu air yang digunakan untuk mencuci diberi larutan yang mengandung klorin untuk mematikan mikroba. Buah kemudian dikupas dan diamil dagingnya. Daging buah dihancurkan menjadi bubur dengan menggunakan belnder.

Bubur buah yang terbentuk disaring dengan kain saring, kemudian dimasak dengan gula. Gula ditambahkan kurang lebih 1500 gram untuk 1 liter bubur buah. Untuk menambah rasa asam dapt ditambahkan asam sitrat sebanyak 4-5 gram untuk 1 liter.

Sirup yang sudah masak kemudian didinginkan dan dimasukkan ke dalam botol steril. Selanjutnya botol ditutp rapat, kemudian dilakukan sterilisasi selama 30 menit.

Cara sterilisasi ialah dengan merebus botol, botol disusun dalam panci yang diberi alas kain, lalu diberi air dingin hingga semua botol terendam. Panci direbus kemudian diangkat setelah 30 menit yang mana dihitung dari saat mulai mendidih bukan dari mulai merebus. Cara lain sterilisasi adalah dengan pengukusan selama 30 menit.

Post a Comment