Al-Khuyandi

Nama lengkap : Abu Mahmud Hamid bin Al-Khidr Al-Khuyandi

Al-Khuyandi terkenal sebagai ilmuan astronomi dan matematika. Ia mewariskan sejumlah karya ilmiah di bidang astronomi dan matematika terutama geometri.
Astronom dan matematikawan spesialis geometri ini pintar merancang bangun sebuah sfera perlengkapan militer dan perlengkapan lain. Untuk merekayasa semua instrumen tersebut, tentunya Al-Khuyandi telah habis-habisan berlatih dalam berbagai masalah teoritis bidang-bidang terkait. Dan salah satunya adalah menyangkut tata letak rancangan sebuah astrolabe.
Dari eksperimen-eksperimen itulah Al-Khuyandi berhasil menentukan setidaknya dua metode, seperti yang diungkapkan oleh Abu Nash Mansur , untuk menetukan posisi dan lingkaran-lingkaran azimut pada astrolabe melalui titik potong.
Disamping itu ia juga mengobservasi planet-planet untuk dipersembahkan hasilnya kepada Fakhr Al-Dawla.

Diantara karya-karya Al-Khuyandi

1. Al-Suds al-Fakhri, karya ini adalah karya Al-Khuyandi yang terpenting dalam sfera instrumen-instrumen astronomisnya. Karya ini dirancang untuk menentukan kemiringan ekliptik. Dengan karya ini, Al-Khuyandi mengambil ketinggian meridian di titik balik matahari musim kemarau dan di titik balik matahari musim dingin pada tahun 384H/994M.
2. Risalah fi al-Mayl wa Ard al-Balad, yaitu buku mengenai berbagai macam observasi yang dilakukan dengan menggunakan instrumen.
3. Al-Zij al-Fakhri, yaitu buku yang menjelaskan tentang observasi yang dilakukan Al-Khuyandi terhadap planet-planet alam semesta.

Post a Comment