Al-Khasi

Nama lengkap : Ghiyath Al-Din Jamshid bin Mahmud Al-Khasi

Al-Khasi terkenal sebagai ilmuan astronomi dan kalkulus. Ia adalah guru besar dalam bidang matematika dan astronomi di Universitas Samarkand. Dialah orang yang menetapkan dasar kunci aritmatika, yang menjadi penemuan ilmiah yang paling penting dalam ilmu metematika pada abad modern ini.
Karyanya banyak digunakan oleh ilmuan-ilmuan modern pada zaman berikutnya. Ia berhasil menentukan besarnya nilai bilangan phi dengan ketepatan dan kecermatan yang nyaris sempurna.
Pada tahun 819 H/1419 M, yaitu tahun yang menjadi tahun yang paling menentukan dalam hidupnya, tatkala ia berhasil menyelesaikan sebuah risalah tentang peralatan-peralatan astronomis yang kemudian dipersembahkan kepada Pangeran Iskandar dari Aka-Koyunlu.
Selain itu pada tahun ini ia juga meyudahi versi bukunya Nuzhah al-Hadaiq, serta memperoleh kehormatan diundang secara khusus oleh astronom Ulugh Bek, agar ia menetap di Samarkand yang mana sebagai markas pusat astronomi Ulugh Bek.

Diantara karya-karya Al-Khasi

1. Sullamus Sama’I (Tangga Langit), buku yang membahas soal-soal ukuran dan jarak benda-benda langit.
2. Risalah al-Muhithath, Nisbathul Qathri ila Muhith, yaitu risalah yang berkaitan dengan alam semesta.
3. Risalah at-Witr wa al-Jaib, yaitu risalah yang menerangkan tentang garis serong pada tiga segi lurus.
4. Kitab Nuzhah al-Hadaiq, yaitu buku yang menerangkan cara membuat penaggalan bintang-bintang, jaraknya dari bumi dan hal-hal yang berhubungan dengannya.
5. Miftah al-Hisab, dalam buku ini disuguhkan berbagai urutan daftar hasil karyanya beserta klasifikasinya, serta penjelasan terperinci mengenai soal-soal matematika.
6. Al-Asas, yaitu buku yang menjelaskan tentang cara menemukan garis hitungan.

Post a Comment