Pembuatan tepung pisang

Tuesday, September 14, 2010
Untuk membuat tepung pisang diperlakukan beberapa lankah sebagai berikut :

Pengupasan

Bahan yang digunakan untuk tepung pisang adalah buah pisang tua dan masih mentah. Untuk mengupas pisang mentah, agar diperoleh warna pisang yang baik, tetap putih bersih, dilakukan dilakukan pemanasan terlebih dahulu pada suhu sekitar 80 derajat celcius selama 10-15 menit. Proses ini dikenal dengan Blanching. Tujuan blanching adalah untuk menghilangkan getah pada pisang dan membunuh bakteri-bakteri pembusuk. Tanda blanching selesai adalah setelah kulit pisang layu. Pengupasan dilakukan dengan pisau atau mesin pengupas khusus.

Pengirisan

Pisang yang telah dikupas secepat mungkin diiris-iris dengan pisau atau mesin pengiris. Tebal pengirisan sekitar 1 cm. Pengirisan sebaiknya dilakukan secara memanjang, sesuai dengan bentuk pisang. Pengirisan ini bermaksud untuk mempercepat pengeringan. Agar hasil pengeringan tidak berwarna coklat atau kering coklat, maka setelah pisang diiris dan sebelum dikeringkan perlu direndam dalam larutan sulfit 0,5 % selama 3-5 menit.

Pengeringan

Dari hasil pengirisan dan perendaman dalam larutan bisulfit, langsung di keringkan dengan alat pengeringan pada suhu kira-kira 80 derajat celcius. Alat pengering ini dapat dibuat dengan tenaga pemanas arang, kayu, atau listrik. Yang lebih murah dan sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga sinar matahari. Pengeringan dilakukan secepat mungkin untuk mencegah terjadinya pencolakan (Reaksi Browing). Proses pengeringan dilakukan sampai kadar air kira-kira mencapai 10 %.

Penepungan

Pisang yang telah kering dengan kadar air kira-kira 10 % dijadikan tepung dengan menggunakan alat penepung (ember) atau jenis penepung kopi. Penepungan dilakukan sampai ukuran butir kira-kira 70-80 mesh atau sesuai dengna ukuran partikel-partikel tepung.

Penyimpanan

Agar tepung pisang tahan lebih lama, perlu disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Penyimpanan dapat dilakukan dalam kantong-kantong plastik, karung kain, karung plastik, kantong kertas kedap air dan lain-lain. Tepung pisang ini mudah rusak oleh udara lembab karena akan cepat ditumbuhi jamur.

Lihat tips mengolah buah-buahan lainnya di FARM TIPS DI SINI...

Post a Comment