Legend of Mana

 

Gameplay
Legend of Mana memiliki fitur dengan sistem di mana pemain memilih bidang daerah untuk mengatur berbagai lokasi dalam permainan. Permainan dibagi menjadi sebuah serial isometrik petak tanah sekitar 36 bagian. Tergantung pada Artefak (AF) yang ditempatkan pada plot , sebuah Tanah yang berbeda akan mucul diatas permukaannya. Setiap daerah ditempatkan pada peta yang berisi setidaknya satu misi di dalamnya yang ketika misi tersebut selesai memungkinkan pemain memperolah Artefeak baru. Daerah dapat dijelajahi kembali yang kadang-kadang diperlukan untuk memulai misi berikutnya. Dalam masing-masing daerah, pemain dapat menjelajahi berbagai tempat termasuk kota-kota, dungeon, dan reruntuhan. Banyak lokasi karakter non-pemain (NPC) untuk dapat berinteraksi seperti mengenai cerita atau membeli peralatan.

Fitur lain yaitu sistem pertempuran dengan menghadapi musuh dan bos. Dalam Legend of Mana juga memiliki fitur elemen bermain. Karakter utama dan masing-masing memiliki sidekicks sendiri yang menetapkan sendiri atribut numerik termasuk HP, kekuatan, dan keberuntungan. Dengan mengalahkan musuh dalam pertempuran, pemain bisa mengumpulkan kristal EXP yang berguna untuk meningkatkan level karakter. Karakter utama dapat menggunakan berbagai senjata, armor, dan aksesori. Senjata dapat memberikan pemain kemampuan untuk melakukan serangan kuat dalam pertempuran.

Setiap karakter memiliki kemampuan atau teknisi Khusus untuk memberikan damage yang luar biasa kepada musuh dengan cara mengisi tolok yang terdapat dibagian atas. Dalam pertarungan, pemain dapat bergerak ke segala arah tanpa dibatasi oleh pembats apapun. Pemain juga dapat menyesuaikan repertoar menyerangnya dengan cara menetapkan tombol tertentu.

Legend of Mana memberikan kesempatan pada para pemain untuk memiliki dua karakter yang dikendalikan atau karakter tambahan yang disebut ”Sidekick”, baik oleh CPU maupun oleh pemain lain yang menggunakan kontroler kedua. Ini memungkinkan karakter lain dapat membantu tugas karakter utama sementara dalam pertempuran. Sidekicks terdiri dari karakter dukungan, setengah manusia, hewan peliharaan, dan golems. Karakter dukungan termasuk Elazul Jumi dan pedagang Niccolo. Setengah manusia adalah berupa monster yang memiliki kemampuan berbicara yang muncul di daerah tertentu seperti di Junggle dan bersedia untuk bergabung dengan pemain dalam melakukan misinya. Pets dan golems juga dapat menemani karakter utama, tetapi tidak dapat dikontrol oleh pemain kedua.

Dengan menggunakan kartu memori, sangat memungkinkan dua pemain untuk bermain bersama secara simultan menggunakan karakter utama mereka, tetapi ada beberapa keterbatasan. Permainan juga memiliki arena untuk dua orang yang dapat menguji kemampuan karakter utama mereka. Pemain dapat berbicara pada Trent, seorang penjaga kebun, jika pemain hendak melakukan hal tersebut.

Setelah menyelesaikan misi tertentu, Legend of Mana memberikan kesempatan pada pemain untuk mempelajari aspek gameplay opsional yang berpusat di sekitar rumah pahlawan atau aktris. Sementara senjata, armor, dan aksesori bisa dibeli dari toko. Pemain juga memiliki kesempatan untuk menempa atau meningkatkan peralatan mereka menggunakan bahan baku yang ditemukan di seluruh permainan. Penempaan terjadi ketika salah satu item permainan dikombinasikan dengan peralatan tersebut, secara kumulatif menaikkan atau menurunkan daya atau menambahkan efek khusus. Di halaman belakang rumah pemain terdapat kebun kecil dimana pemain dapat memberikan beberapa bibit kepada penjaga kebun, Trent, agar kebun tersebut memproduksi buah. Apa yang tumbuh disana tergantung pada jumlah benih yang diberikan kepadanya.

Para pemain juga dapat membuka kandang disamping rumah yang dapat digunakan untuk memelihara hewan peliharaan dengan cara memberi makan mereka, membiarkan mereka merumput, atau mengambil mereka untuk melakukan petualangan. Level mereka akan meningkat jika mereka dibawa bertualang atau dibiarkan berada diluar.

Di belakang rumah juga terdapat sebuah workshop yang dapat dijadikan tempat untuk membuat instrumen dan Golem. Instrumen dibuat bahan baku seperti logam, kayu, atau tulang. Sementara itu pemain juga dapat memanfaatkan kekuatan Mana dari daerah tertentu. Berbagai jenis instrumen, serta lagu yang berbeda dapat diciptakan tergantung pada bahan. Golems diciptakan dengan menggunakan senjata dan baju besi sebagai bagian-bagiannya. serangan Golem ditentukan oleh blok logika yang dibuat dalam guci di dalam Workshop. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan dua item dan blok ditempatkan dalam kotak.

Background



Legend of Mana mengambil tempat di sebuah dunia khayal yang dipanggil ”Fa'Diel World”. Mana Tree, sebuah pohon pemberi kehidupan bagi dunia tersebut dan telah terjadi peristiwa pembakaran hebat selama sembilan abad di dalam permainan. Suatu peperangan meletus diantara bangsa faeries, manusia, dan orang-orang yang mencari kekuatan tersembunyi yang telah ditinggalkan oleh Mana Tree. Ketika peperangan sedang terjadi, Mana Tree yang melindungi dunia telah tertidur sehingga mengakibatkan banyak negeri di dunia tersimpan di dalam sebuah peninggalan kuno yang dipanggil ”Artefact”. Seorang pahlawan, yang dikendalikan oleh pemain, memutuskan untuk mengabdikan dirinya guna mengembalikan kesejahterahan dunia Fa'Diel dan membangkitkan kembali Mana Tree dari tidur panjangnya.

Dunia Fa'Diel didiami oleh sejumlah besar makhluk berbeda, mencakup manusia, peri, setan, ras Jumi yang dikenal sebagai ras penjaga Jewel, ras tanaman seperti Sproutlings dan Flowerlings, ras beruang yang dipanggil Dudbears, dan mahluk yang hidup di dunia bawah tanah yang dikenal sebagai Shadoles. Fa'Diel juga merupakan tempat tinggal bagi sejumlah object dan binatang anthropomorphis, seperti Rabites, Chobin Hoods, dan Goblins.

Story
Diawali dengan kisah Jumi, yaitu suatu ras dari orang-orang yang memiliki hati permata eksternal yang dianggap berharga. Jumi rupanya telah lama menjadi ras yang ditindas karena kekuatan sihir jahat yang merujuk kepada mereka. Penindasan ini tentunya dipusatkan pada Elazul dan Pearl yang selamat di antara beberapa Jumi. Elazul adalah Knight Jumi dan memiliki tujuan untuk melindungi Jumi Guardian Pearl dengan biaya berapa pun, bahkan dalam menghadapi pemburu permata, Sandra.

Selanjutnya adalah kisah Larc dan Sierra. Mereka berdua adalah dua bersaudara yang terlahir sebagai Dragoons dan memiliki tujuan hidup untuk melawan Naga yang berbeda. Larc dan Sierra saling berlawanan satu sama lain. Larc, yang melayani Naga Drakonis, memaksa karakter utama dalam permainan untuk membantunya dalam usaha untuk membunuh tiga master Naga lainnya. sedangkan Sierra, yang melayani Vadise Naga Putih, ingin menghentikan Drakonis tanpa menyakiti kakaknya Larc. Pada akhirnya, Drakonis kalah dan dibuang ke neraka.

Selanjutnya adalah kisah cinta diantara empat teman masa kecil yaitu Matilda, Irwin, Daena dan Escad. Irwin merupakan manusia setengah iblis yang tidak puas dengan aturan-aturan yang dibebankan masyarakat pada dirinya. Mereka mencegahnya untuk dapat memiliki hubungan dengan pemimpin Matilda. Sementara itu, Escad berusaha menghancurkan Irwin dan Daena mencoba untuk bertindak sebagai mediator antara keduanya. Konflik tersebut akhirnya meningkat menjadi perang antara manusia dengan faeries. Pada akhir kisah, baik Daena maupun Escad akan mati.

Selain dari kisah diatas,bayak lagi kisah dalam permainan ini yang akan dilewati oleh para pemain. Apapun jalan cerita yang diambil oleh para pemain, cerita akhir permainan ini disebut "Legend of Mana".Ini menyangkut munculnya kembali pohon Mana. Dengan demikian, cerita ini tampaknya lebih cocok dengan permainan daripada cerita yang lainnya, sebagaimana pohon Mana adalah ikon sentral dari permainan Mana. Dalam misi terakhir ini, karakter utama harus melawan Dewi Mana. Setelah Dewi Mana berhasil dikalahkan, pohon Mana kembali dipulihkan dan diperbaiki dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

 

Post a Comment