Ibnu Al-Banna

Nama lengkap : Abu Al-Abbas Ahmad Muhammmad bin Ustman Al-Azdi Ibnu Al-Banna Al-Marukkushi

Al-Banna adalah seorang sarjana Maroko yang serba bisa. Namanya sangat terkenal, terutama karena keahliannya di bidang matematika, astronomi dan astrologi. Mula-mula ia belajar ilmu-ilmu tradisional seperti bahasa Arab, tata bahasa, hadits, fiqh dan tafsir Al-qur’an di kampung halamannya. Setelah itu ia diperkenalkan dengan matematika dan ilmu kedokteran oleh guru-guru pembimbingnya.
Ibnu Al-banna digambarkan sebagai seorang yang datang dari tempat jauh bersama dengan reputasinya yang cemerlang sebagai seorang ilmuan dan seorang sufi, terutama sebagai orang yang punya andil dalam memelihara tradisi matematika dan astronomi di Barat. Ia telah membuat beberapa rumus aljabar tingkat tinggi, khususnya perhitungan yang melibatkan pecahan-pecahan dan akar-akar pangkat dua.
Selain itu ia juga diketahui sebagai seorang ahli magic yang mampu melakukan hal-hal yang luar biasa. Ini dapat ia lakukan dengan cara penerapan pengetahuan ilmiahnya. Satu hal lagi yang menjadi keistimewaannya adalah kerendahan hatinya,keahlian dan kealimannya.

Diantara karya-karya Ibnu Al-Banna

Karya-karya Al-Banna memiliki variasi cabang ilmu yang berbeda-beda yaitu tata bahasa, bahasa retorika, fiqh, ushuludin , tafsir al-qur’an, logika, magic, pembagian warisan, astronomi, meteorology, dan yang paling utama adalah matematika.
1. Talkhis fil Amal al-Hisab
2. Risalah fil Ilm al-Masah
3. Al-Muqalat fi al-Hisab
4. Tanbih al-Albab
5. Mukhtashar Kafi li al-Mutallib
6. Kitab al-Ushul al-Muqaddamatfi al-Jabrwa al-Muqabala
7. Kitab fi al-Jabr wa al-Muqabala
8. Kitab Minhaj li Ta’dil al-Kawakib
9. Qanun li Tarhil asy-Syams wa al-Qamar fi al-Manazil wa ma Kifat Auqat al-Lain wa al-Nahar
10. Kitab al-Yasar Taqwim al-Kawakib as-Sayyara
11. Madkhal an-Nujum wa Taba’I al-Huruf
12. Kitab fi Ahkam al-Nujum
13. Kitab al-Manakh

Post a Comment