Abu Mansur Al-Baghdadi

Nama lengkap : Abu Mansur Abdul Qahir Ibnu Tahir Ibnu Muhammad Al-Baghdadi

Al-Baghdadi terkenal sebagai ahli sejarah, filsafat, teologi dan matematika. Seluruh karya-karyanya ditulis dalam bahasa Arab.
Di masa hidupnya, kawasan Khurasan identik dengan nama Al-Baghdadi sendiri, sebab boleh dikatakan hampir semua ilmuan yang berada di kawasan tersebut adalah hasil didikan dan asuhannya. Bahkan juga di sebuah kota yang ia mungkimi untuk beberapa lama, Nishapur, menjadi semacam tempat pelatihan guna mencetak kader-kader dengan kualitas sumber daya manusia yang bernilai maksimal di mata dunia.
Di kedua kota itulah Al-Baghdadi menempa dan melatih para cendekiawan muda dengan menyalurkan sejumlah ilmu yang ia kuasai. Dimana ada tujuh subjek ilmu yang di kuasainya, meliputi prinsip-prinsip dasar aritmatika, teologi, ilmu hukum, matematika, ilmu faraid dan sebagainya.
Ilmu yang pertama kali ia dalami adalah ilmu kesusastraan dan hukum yang mana kemudian dapat ia kuasai dengan baik.
Disamping itu, Al-Baghdadi juga pernah membincangkan masalah-masalah keislaman dan disudahi dengan eksposisi perihal kepercayaan dan keyakinan kaum ortodoksian.


Diantara karya-karya al-Baghdadi
1. Kitab al-Farq Bayn al-Firaq, sebuah buku yang menjelaskan tentang schism, sekte dan at-Takmil, yaitu buku yang membahas cara pamecahan dan problem warisan.
2. Kitab al-Milal wa al-Nihal, sebuah buku mengenai teologi yang mana membahas sebuah risalah sistematik yang diawali dengan sifat dasar pengetahuan, penciptaan, bagaimana mengenal sang pencipta dan lain-lain.
3. The Errors of Abu Hudhayl
4. The Errors Ibnu Karam

Post a Comment