Al-Khazin

Nama lengkap : Abu Ja’far Muhammad bin Muhammad Al-Husayn Al-Khurasyani Al-Khazin

Khazin adalah seorang astronom dan ahli matematika yang berasal dari Khurasan. Ia adalah salah seorang anak didik Abu Al-Fadh Ibnu Al-Amid, salah seorang mentri dari Rukn ad Dawla pada dinasti Buwayhi di Rayy.
Al-khazin adalah orang yang menetapkan kembali iklinasi ekliptika dan menyelasaikan sebuah masalah yang telah lama diperdebatkan semenjak zaman Archimedes yang sangat mencengangkan Al-Mahani , yaitu masalah pembagian bola dengan sebuah bidang datar dalam suatu rasio yang ditentukan , yang dengan mudah ia selesaikan dengan menggunakan persamaan pangkat tiga.
Sebagai seorang astronom, Al-Khazin diketahui banyak melakukan observasi astronomis serta dikenal pula sebagai ilmuan yang tangkas mengaitkan antara penetapan yang satu dan penetapan yang lainnya yang menyangkut kemiringan ekliptik .
Hal lain yang menjadi keahlian Al-Khazin adalah kemampuannya dalam penetapan iklim bagi daerah-daerah yang berkaitan dengan tujuh macam iklim.

Diantara karya-karya Al-Khazin
1. Kitab al-Masail al-Adadiyya, kitab ini dicantumkan oleh ibnu Al-Qifti dalam Al- Fihrist edisi Kairo.
2. Matalib Juziyya mayl al-Muyul al-Juziyya wa al-Matali fi al-Kura al-Mustakima
3. Kitab Sakl al-Katta
4. Zij al-Safa’ih, ini adalah sebuah karya tulisnya di bidang astronomi dan dipersembahkan kepada Ibnu Al-Amid.
5. Sir al-Alamin , dalam buku ini Al-Khazin mengajukan sfera-sfera sebagai solid serta mengembangkan gagasan-gagasan Ptolemaious.

Post a Comment