Abu Kamil Suja

Nama lengkap : Abu Kamil Shuja’ bin Aslam bin Muhammad bin Shuja’Al-Hasib Al-Misri

Abu Kamil Suja’ merupakan penerus Al-Khawarizmi dan dikenal sebagai ahli aljabar tertua yang karyanya banyak bertebaran, sehingga ia tergolong sebagai salah seorang ahli metematika terbesar abad-abad pertengahan islam.
Tulisan-tulisan tentang geometripun memberikan pengaruh dan kontribusi besar terhadap geometri Barat, terutama uraian-uraian alajabar terhadap soal-soal geometrik.
Dalam risalahnya tentang Al-Jabar, Abu kamil Suja’ menekuni suatu bab mengenai al-Jabar dengan membentuk analisis dan menyusun beberapa metode yang halus dan menabjubkan.
Abu Kamil Suja’ mengikuti Al-Khawarizmi, namun dalam banyak hal ia jauh mengungguli para pendahulunya. Bahkan ia berani mengadakan penambahan dan pengurangan dari akar-akar kuadarat yang hanya melibatkan bilangan-bilangan irasional, yang dilakukan oleh matematikus-metematikus sebelumnya.

Diantara karya-karya Abu Kamil Suja’
1. Al-Fihrist, sebuah daftar buku -buku matematika dan astrologi, memuat dua buah karya yang berjudul Kitab fi al-Jam wa at-Tafrik yang mana diterjemah kan ke dalam bahasa latin oleh F.Woopeke dengan judul Augmentum et Diminutio yang terdapat dalam buku Liber Augmenti Dimiutionis dan Histoire des Sciences Mathematiques en Italie serta karya kitab al-Khata’ aya.
2. At-Ta’rif, telah diterjemahkan dan dikomentari oleh H.Suter menjadi Das Buch der Sletenheiten der Rechenkunst von Abu Kamil al-Misri.

Post a Comment