Penanaman tanaman cabe

Cara menanam cabe

Cara tanam cabe adalah cara menanam cabe yang biasa dilakukan para petani atau peneliti. Untuk barisan tunggal yaitu pada tanah berstrukstur sednag –ringan, jarak tanam 50 kali 60 cm datau 40 kali 50 cm, atau tunggal dalam barisan (guludan 40 cm, 40 cm, 40 cm). Untuk antar guludan 60 cm, 60 cm, 60 cm.
Jarak tanam berguna untuk :

* Tanaman tidak bersaing dalam mengambil unsur hara
* Tanaman cukup memperoleh cahaya matahari langsung
* Memudahkan dalam pemeliharaan

Cara tanam cabe adalah sebagi berikut :

* Keluarkan tanaman dari polybag, kalau sekiranya disemai dulu di polybag atau pada bubungan. Hal ini bisa juga terjadi kalau bibit cabe umur 25-30 hari setelah semai dipindahkan ke polybag (disapihkan) sebelum tanam ke lapangan.
* Bersama tanahnya, kalau pakai polybag, atau bersama tanahnya dari persemaian langsung kelapangan (cara langsung)
* Bibit ditanam sedalam leher akar dan dipadatkan dengan dua ibu jari dan telunjuk kiri dan kanan, hati-hati akar jangan sampai rusak atau batang tertekan
* Timbun dengan tanah halus bekas tekanan jari tadi
* Siram atau beri pelindung bila perlu

Waktu tanam

Berdasarkan musim, waktu tanam cabe yang baik adalah pada akhir musim penghujan untuk tanah bawah, pada musim hujan untuk tanah tegalan. Pada waktu bertanam sebaiknya pada waktu sore hari sebab waktu istirahat tanaman cukup lama, baru dapat sinar matahari pukul 4-6 sore, pukul 6 sore sampai 8 pagi adalah waktu yang tidak begitu mengurangi penguapan pada daun tanaman cabe sehingga bibit cabe tetap segar. Kalau sinar matahari terlalu terik berilah perlindungan pada tanaman cabe, jangan dibiarkan beitu saja.

Post a Comment