Valkyrie Profile 2 Silmeria

 
Background
Permainan ini di tentukan oleh dua buah dunia yaitu Midgar, dunia yang mematikan, dan Asgard, dunia para dewa.
Midgar merupakan dunia manusia yang selalu dilanda peperangan, kelaparan dan penyakit sehingga noda kematian ada dimana-mana. Midgar selalu dipengaruhi oleh para dewa di banyak kesempatan. Tetapi saat ini kerajaan Dipan ditentang oleh dewa.
Asgard adalah dunia Aesir, yang dikuasai oleh Odin, Raja lapisan-lapisan langit. Di dalam Asgard terdapat Aula Valhalla, di mana Einherjar, jiwa-jiwa yang berani yang dijatuhkan berada. Aesir adakalanya mempengaruhi keadaan sejarah di Midgard dengan usaha untuk memelihara alam semesta.
Valkyrie Profil 2: Silmeria diperankan oleh dua karakter, Silmeria dan Alicia, yang terdapat pada tubuh yang sama. Silmeria adalah salah satu Valkyrie yang mengumpulkan jiwa-jiwa para prajurit pemberani dan mengirimkan mereka ke Valhalla. Setelah ia menentang Odin, ia menjelmakan dirinya di dalam tubuh Alicia, seorang puteri kerajaan Dipan. Sehingga mengakibatkan kebanyakan orang berfikir bahwa Alicia tidak waras atau gila. Untuk menagntisipasi hal tersebut agar tidak terlalu berdampak besar, maka raja mempenjarakan Alicia dan mengumumkan kematiannya.

Gameplay



Eksplorasi atau penjelajahan dilakukan di sisi 2D dan yang terlihat hanyalah karakter utama, Alicia. Karakter utama mampu melompat, mengayunkan pedang, dan menembakan foton. Foton dapat memantul di tanah dan di dinding serta dapat membekukan musuh dan objek tertentu untuk sementara waktu dalam bentuk kristal dan digunakan untuk memecahkan teka-teki dalam permainan.

Musuh dapat terlihat sehingga pemain dapat memutuskan untuk menyerang atau membekukan mereka dengan foton. Ketika musuh menyerang maka latar berpindah ke sisi 3D dan pemain dapat bertarung dengan Attak Point (AP) penuh. Seringkali pemain berada pada posisi yang tidak menguntungkan sehingga mengakibatkan AP dalam keadaan kosong ketika memulai pertempuran.

Sealstone adalah sebuah item dengan efek khusus yang tersembunyi di atas Mimbar dan kerang (Shell) dalam ruang bawah tanah. Setiap Sealstone yang terdapat pada sebuah Mimbar akan mempengaruhi musuh dalam beberapa radius, serta memperluas rentang Sealstone di mimbar-mimbar lainnya. Jika pemain membawa Sealstone tersebut bersamanya, maka itu akan mempengaruhi seluruh anggota party. Sama halnya dengan musuh, maka itu juga akan mempengaruhi anggota party musuh tersebut tanpa mempengaruhi yang lainnya. Lain halnya jika Sealstone ditempatkan di Shell, maka efek Sealstone tersebut akan dinegasikan sepenuhnya.

Pemain dapat membeli peralatan (equip) dari toko yang ada dengan menggunakan mata uang yang disebut OTH. Ketika pemain membeli beberapa item dari suatu toko, maka pemain dapat menjadi pelanggan dan dapat membuka senjata khusus yang masih terkunci. Dalam permainan ini terdapat empat tipe senjata yang dipergunakan yaitu Light Sword, Heavy Sword, Bow, and Staff. Karena terdiri dari empat tipe senjata, maka dalam permainan ini juga dihadirkan empat profesi karakter yaitu light warrior, heavy warrior, archer, and mage. Setiap karakter hanya dapat menggunakan senjata sesuai dengan profesinya kecuali jika karakter tersebut adalah Angel Slayer.

Karakter yang terdapat dalam permainan ini kebanyakan berasal dari Einhenjar. Pemain dapat memutuskan untuk membangkitkan Einhenjar tersebut atau meninggalkannya. Walaupun dalam permainan terdapat banyak karakter yang berasal dari Einhenjar, namun pemain hanya dapat memperoleh sebagian dari karakter-karakter tersebut. Sebab dalam setiap Einhenjar pemain hanya dapat membangkitkan satu karakter saja.

Battle system
Pertempuran berlangsung di medan 3D real-time dan menggunakan Advanced Tactical Kombinasi (ATC). Pertempuran dilakukan dengan menggunakan Attack Point (AP), yang diperlukan untuk bertindak dalam pertempuran seperti menyerang dan menggunakan magic. Attack Point dapat diperoleh apabila karakter-karaker kawalan pemain diserang oleh musuh, atau bergerak di sekitar area seiring berjalannya waktu. Waktu hanya berjalan saat karakter bergerak sehinnga ketika berhenti, pemain dapat merencanakan di mana dia akan bergerak selanjutnya atau dari arah mana unit musuh dapat diserang. Musuh melakukan serangan secara berkelompok dan dipimpin oleh seorang Leader. Ketika Leader berhasil dikalahkan oleh pemain, maka musuh yang lainnya akan mundur. Ini memungkinkan pemain dapat mengakhiri pertempuran dengan cepat dan mendapatkan bonus pengalaman (EXP) lebih banyak.

Karakter memiliki beberapa tipe serangan dan dapat digunakan dalam pertempuran maksimal tiga tipe serangan. Jika pemain melakukan serangan secara bersama-sama, maka pemain akan mencapai yang namanya Heat Gauge. Apabila Heat Gauge mencapai 100%, maka karakter dapat melakukan serangan spesial yang disebut Soul Crush, sehingga mengakibatkan damage lebih besar terhadap musuh dari pada serangan biasa. Dalam pertempuran, pencapaian Heat Gauge tidak dibatasi, artinya pemain dapat memperolehnya jika terus melakukan serangan secara bersama-sama.

Yang baru dalam permainan adalah konsep merusakkan bagian tubuh musuh. Setelah bagian tubuh musuh cukup rusak, maka musuh tersebut akan terdiam. Selain itu, bagian tubuh musuh yang ditinggalkan dalam pertempuran dapat digunakan sebagai aksesori atau bahan baku yang dapat dijual bahkan dapat digunakan untuk membuat senjata, baju besi, atau item lainnya.

Dengan controller kedua, pemain kedua juga dapat mengontrol anggota satu atau lebih pihak dalam pertempuran.

Post a Comment